Selasa, 04 Maret 2014

Jepang 日本



LETAK GEOGRAFIS
Jepang adalah negara kepulauan yang terletak di daerah Timur Benua Asia, biasa disebut sebagai negara Asia Timur . membentang dari Utara ke Selatan dengan luas wilayah sekitar 377.643 km2, sedikit lebih besar dari Norwegia (324.000 km2), dan Malaysia (330.000 km2), sebelah Utara berbatasan dengan wilayah Rusia yaitu pulau Sakalin, Siberia, dan laut Okhotosk, sebelah Barat negara Korea, daratan China, dan laut Jepang, sebelah Selatan berbatasan dengan Filipina dan laut China, dan sebelah Timur merupakan Samudera Pasifik.
Jepang memiliki empat pulau besar yaitu, Hokkaido, Honshuu, Shikoku, dan Kyuushuu ditambah sekitar 3.918 pulau-pulau kecil. Pulau terbesar Honshuu dibagi menjadi empat wilayah yaitu, Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki, dan Chugoku. Secara administratif negara Jepang dibagi dalam 47 Prefektur.

Dua per tiga negara Jepang adalah hutan yang sebagian besar dihuni oleh gunung berapi yang diantaranya masih aktif. Sekitar 29% merupakan daratan rendah yang memiliki sungai-sungai sempit dan deras. Negara Jepang dikelilingi laut, memiliki tiga arus yang mengalir di dasar laut diantaranya, arus Tsushima yang mengalir dari selatan masuk ke laut Jepang, arus Oyashio yang mengalir dari utara melewati wilayah timur kepulauan jepang, dan arus Kurushio yang mengalir dari selatan melewati bagian timur kepulauan Jepang. Pertemuan ketiga arus ini menjadikan Jepang sebagai negara kaya akan plankton dan ikan di dunia karena pada perairan tersebut terdapat pertemuan arus hangat dan dingin.
Secara geologis, negara Jepang terletak diantara dua lempeng bumi, yaitu pertemuan lempeng Mediterania dan lempeng Pasifik. Kerena terletak pada dua lempeng ini, negara Jepang senantiasa berada dalam bahaya gempa bumi. Struktur tanah atau pegunungan vulkanis di dasar samudera pasifik yang labil sering menimbulkan gempa di dasar laut yang mengakibatkan sering terjadi gelombang tsunami. Selain itu, pertemuan suhu dingin dan hangat di udara mengakibatkan perputaran angin taipun.
Bendera negara Jepang disebut sebagai bendera matahari terbit (hi no maru). Berbentuk bulatan merah berdiameter tiga perlima dari luas bendera. Pada jaman Edo (1600-1864) bendera ini digunakan oleh para saudagar sebagai identitas suatu kelompok, kemudian setelah memasuki jaman Meiji, resmi menjadi bendera negara. Lagu kebangsaannya adalah Kimigayo. Lagu ini diaransemen dari puisi klasik jaman Heihan (794-1185), mengisahakan permintaan perlindungan bagi kaisar.
POPULASI
Penduduk asli Jepang ada yang mengatakan suku bangsa Ainu dan ada juga yang mengatakan bangsa Yamato. Bangsa Ainu menetap disepanjang bagian utara pulau Honshuu, diantara kota-kota yang terkenal pada jaman Jepang kuno salah satunya adalah kota Nara, jaman dahulu suku Ainu menetap di kota ini yang pada saat itu masih disebut sebagai daerah Yamato. Oleh karena itu mengapa penduduk asli jepang disebut suku Ainu atau suku Yamato. Sekarang keturunan Ainu lebih banyak yang menetap di daerah Hokkaido, mereka berpindah sejak dimulainya pemerintahan Meiji.
Menurut data dari CIA factbook, pada bulan Juli 2008, penduduk Jepang mencapai 127.288.416 jiwa, dengan perbandingan usia anatara 0-14 tahun mencapai 13,7% usia 15-16 tahun mencapai 64,7%, dan usia 64 ke atas mencapai 21,6%.
Menurunnya angka kelahiran berbanding sejajar dengan menurunnya angka kematian. Sedikitnya kelahiran menjadi persoalan di masa depan bangsa Jepang kelak, namun ironisnya disisi lain angka kematian berkurang beberapa tahun terakhir, sehingga data statistik kependudukan menunjukan bahwa sedikitnya generasi muda saat ini mengakibatkan persoalan produktivitas perekonomian pada tiga puluh tahun mendatang. Hal ini menyebabkan persoalan koureika shakai (perubahan penduduk yang menunjukan penduduk tua lebih banyak dari pada penduduk muda) bagi negara Jepang. Kepadatan penduduk 329,5 jiwa per 1 km3 dari rotal area
IKLIM

Negara Jepang termasuk negara yang memiliki dua suhu, yaitu suhu yang bertempratur hangat sekitar 15oC – 22oC dibagian selatan Jepang, dan suhu dingin berkisar antara 00C – 15oC dibagian utara Jepang. Jepang memiliki empat musim yaitu musim semi (Maret – Mei), musim panas (Juni – Agustus), musim gugur (Sepetember - November), dan musim dingin (Desember – Februari).

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Phone :

+20 010 2517 8918

Address :

3rd Avenue, Upper East Side,
San Francisco

Email :

email_support@youradress.com

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Link

Followers

Weekly most viewed